JAPAN 中級から学ぶ

中級から学ぶー第8課

皆さんこんにちは!

Perlu diperhatikan bahwa niat saya posting ini bukan untuk menggantikan bukunya, tapi sebagai alat bantu aja.

Jadi tolong bantu penulis bukunya dengan beli bukunya ya! Belinya yang asli, bukan fotokopian biar berkah hihi. Lebih baik pinjam buku teman dibanding beli fotokopian!

Oh ya, kalian pasti berasa makin kesini kok bunponya mirip-mirip ya? Kok bunponya bawa-bawa perasaan?

Selamat! Tandanya kamu sudah naik level! Semakin tinggi kemampuan Bahasa Jepang kamu, semakin banyak bunpo yang mirip-mirip dan dibedakan penggunaannya berdasarkan perasaan pembicara, ataupun sikon/kondisi saat itu.

Jadi, yang semangat ya belajarnya! Sering-sering nonton anime atau drama (kalau bisa bukan yang fantasi ya). Jadi kalian bisa tau kapan dan dalam situasi apa serta perasaan si pembicara bunpo tersebut digunakan.

文法

A)  〜ようがない (tidak ada jalan lain)

Bunpo ini digunakan ketika menemui suatu masalah dan tidak ada jalan lain atau solusi. Bisa digunakan ketika ada rasa keputus asaan atau untuk menyemangati lawan bicara yang sedang meratapi suatu kejadian (bahasa Mufi: macem bilang “ya udah kejadian mau gimana lagi?”).

例:このカメラは古くて、今は作られていない物なので、なおしようがありません。

Kamera ini kamera tua, karena sekarang sudah tidak diproduksi lagi, hanya bisa direparasi.

Contoh diatas menyatakan bahwa kamera dari pembicara sudah tua dan tidak bisa membeli model yang sama karena sudah tidak diproduksi. Satu-satunya jalan apabila kameranya rusak adalah dengan mereparasinya (benerin).

例:妻は自分で買ったものを私に見せて、「これ、どう」とたずねたが、「いいね」としか答えようがなかった。

Istri saya memperlihatkan barang yang ia beli sendiri sambil bertanya, “bagus gak?”, gak bisa jawab yang lain selain “bagus kok”.

Bunpo ini menggunakan bentuk ます形.

B) 〜にとって(は) (bagi~)

Bunpo ini digunakan untuk menyatakan sesuatu berdasarkan sudut pandang seseorang (subjek).

例:近くのスーパーへ買い物に行くのも、お年寄りにとっては大変なことだ。

Walaupun hanya pergi berbelanja ke supermarket sekitar, bagi lansia itu merupakan hal yang sulit.

Pembicara ingin menekankan bahwa hal mudah seperti pergi ke supermarket sekitar, merupakan hal yang sulit bagi lansia. Bunpo ini dapat digunakan ketika kita ingin menyampaikan sesuatu dari sudut pandang orang lain, maupun diri sendiri.

例:他の人にはただの10円かもしれないが、私にとっては、10円はとても大切なお金なんです。

Bagi orang lain 10 yen mungkin dianggap “cuma 10 yen” , bagi saya 10 yen pun merupakan uang yang berharga.

Karena bunpo ini digunakan untuk menyatakan sesuatu berdasarkan sudut pandang, maka sebelum にとってdigunakan bentuk名詞 yang menyatakan subjek (かのじょ、あの人、子供、かれ、など).

C) 〜たものだ

Bunpo ini digunakan saat menceritakan kenangan-kenangan yang telah terjadi. Umumnya bunpo ini digunakan disertai perasaan nostalgic (懐かしい). Karena bunpo ini menceritakan kenangan, bentuk yang digunakan adalah kata kerja lampau た形.

例:子供のころは、よく近くの山へ虫を取りにいったものだ。

Saat masih kecil, saya sering pergi ke gunung terdekat untuk menangkap serangga.

例:学生時代はお金がなかったので、よく先輩にごちそうになったものだ。

Bahasa mufi: Pas jaman-jaman sekolah gak punya uang, sering ditraktir senior.

Nah, kalau teman-teman ingat pada bab 6 juga ada nih bentuk bunpo 〜ものだ(C-1). Sebenarnya bunpo ini memang ada 3 cara penggunaannya. Dibedakan berdasarkan bentuk yang dugunakan serta konteks kalimat. Bentuk 〜もの yang terakhir digunakan saat ingin menyampaikan atau menyiratkan bahwa topik kalimat tersebut memiliki arti yang mendalam.

D) AたところB (setelah dilakukan A, diketahui B)

Pada awalnya kondisi/informasi B tidak diketahui, karena A dilakukan maka diketahuilah B.

例:友達が来ないので、電話をかけてみたところ、まだ起きたばかりとのことです

Karena teman belum datang akhirnya saya telpon, ternyata dia baru saja bangun tidur.

Sebelum ditelpon, tidak diketahui kondisi dari teman yang belum datang tersebut. Setelah ditelpon, barulah diketahui bahwa dia baru saja bangun.

例:日本語の勉強について先輩に相談したところ、いい本を紹介してくれた

Setelah berkonsultasi dengan senior terkait pembelajaran Bahasa Jepang, beliau memberi merekomendasikan buku-buku yang bagus kepada saya.

例:せっかく友達と海に行ったのに、途中で雨にふられて泳げなかった。

Padahal udah (susah-susah) pergi ke laut sama temen, ditengah-tengah perjalanan malah hujan dan jadi gak bisa berenang.

 

E) 〜される/(さ)せられる

JENGJENGJENGJEEEEENNGGGG. Setelah tuntas belajar shieki (使役) dan ukemi (受け身), kali ini adalah gabungan shieki dan ukemi~ Bagi saya, bunpo ini yang paling sering bikin kepleset lidah 🤣 Pas jaman nihongo gakko pun, bagi saya dan teman-teman ini bunpo yang harusnya sederhana tapi paling ngebingungin.

Shieki yang menggunakan bentuk: させる dan ukemi:られる maka ketika digabungkan menjadi:させられる. Khusus kata kerja kelompok 1 bentuk ini disingkat menjadi:される.

Lalu, kapan bunpo ini digunakan? Bunpo ini digunakan ketika pembicara/subjek melakukan sesuatu karena terpaksa. Karena terpaksa, ada perasaan tidak suka sehingga ada nuansa negatif dari bunpo ini.

Untuk bentuk perubahan kata kerjanya, bisa pakai bentuk shieki, hanya saja belakangnya diganti dari せる menjadi れる, contoh:

飲む → 飲まされる

食べ → 食べさせられる/食べさせられる

来る → 来させられる

例:昨日のパーティーでは先輩にたくさんお酒を飲まされたり、歌を歌わされたりして、大変だった。

Pada saat pesta kemarin, karena senior saya terpaksa meminum sake yang banyak dan juga menyanyikan lagu, saya sangat menderita karenanya.

Contoh kalimat diatas sering ditemui dan digunakan saat para karyawan sedang curhat ke temannya. Senioritas yang cukup kental, membuat para junior sulit menolak perintah dari senior (walau kadang senior tidak menggunakan kalimat perintah). Saat ini senioritas di perkantoran tidak sekental dulu karena banyaknya orang asing yang bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang.

 

じゃあ、第8課はここまででーす!

漢字と言葉リストもありますので、ダウンロードしてちゃんと覚えておいてね!

中級から学ぶ_言葉−8中級から学ぶ−8

PS: Bahasa Indonesia yang saya gunakan kemungkinan besar bukan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Begitu pula tatanan dan urutan perkatanya. Tapi insyaAllah arti keseluruhannya benar. Bagi saya tujuan untuk belajar bahasa itu ya untuk komunikasi, dan kunci komunikasi itu antara lawan bicara dan pembicara sama sama paham.

Untuk list kanji pdf, halaman pertama sudah diisi dan halaman selanjutnya belum diisikan. Bisa digunakan untuk latihan. Karena semakin sering ditulis pakai tangan akan semakin mudah otak mengingatnya!

Untuk kritik dan saran / request konten bisa langsung email ke askmufi84@gmail.com!

Semoga bermanfaat 😀

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: