iro iro

Fairy Tale

yo!

lama yah gak bisa ngepost.. hehehe

semester 2 ini gw disibukkan dengan 2 praktikum, dan sekarang udah akhir semester yang artinyaaa… WAKTUNYA BIKIN LAPRES A.K.A. LAPORAN RESMI!!!

oke, gw dapet yang namanya praktikum DST (dasar sistem telekomunikasi) dan gw dapet kelompok yang bernamakan mak lampir.. *hening*

sedangkan nama kelompok yang lain itu super hero semua..

dan gw mak lampir.. oh god, why..

oke nevermind, intinya setiap praktikan kudu bikin lapres yang isinya harus ada deskripsi superhero dari nama kelompok.. dan untuk kelompok gw.. yup! gw harus nulis tentang mak lampir -_-

yaud.. ini ceritanya, cekidot!

Penjelasan SUPERHERO

MAK LAMPIR

 

Mak Lampir merupakan legenda atau cerita yang berasal dari gunung Marapi Sumatera, dan kemudian diadaptasi di Jawa karena ada gunung Merapi. Mak Lampir sering dikisahkan sebagai kisah seram dan dipakai sebagai tokoh untuk menakuti anak kecil. Tapi tahukan anda, bahwa ternyata kisah mak lampir menyimpak kisah moral? Dan ternyata pada kisah mak lampir terdapat bagian yang menyentuh hati. Legenda Nenek Lampir atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Lampir di Sumatera, merupakan legenda masyarakat dari kaki Gunung Marapi atau Berapi yang terletak di propinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Agam, Legenda Mak Lampir ini juga sangat berkaitan dengan Legenda 7 Manusia Harimau yang juga berasal dari Sumatera Barat , Sebagian Propinsi Bengkulu dan Lampung. Sebenarnya Mak Lampir merupakan seorang putri yang dari kerajaan kuno Champa. Kerajaan Champa (bahasa Vietnam: Chiêm Thành) adalah kerajaan yang pernah menguasai daerah yang sekarang termasuk Vietnam tengah dan selatan, diperkirakan antara abad ke-7 sampai dengan 1832. Sebelum Champa, terdapat kerajaan yang dinamakan Lin-yi (Lam Ap), yang didirikan sejak 192, namun hubungan antara Lin-yi dan Campa masih belum jelas. Komunitas masyarakat Champa, saat ini masih terdapat di Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Pulau Hainan (Tiongkok). Mak Lampir jatuh cinta dengan pimpinan dari Pasukan Harimau. Pimpinan dari Pasukan Harimau ialah Datuk Panglima Kumbang. Karena cintanya tidak direstui oleh orang tuanya, kemudian ia dibuang, dan Mak Lampir memutuskan untuk melakukan pertapaan di gunung Marapi. Ia bertemu dengan seorang petapa dan bergurulah ia. Akhirnya Mak Lampir memiliki kekuatan yang dahsyat tak tertandingi. Sebenarnya Datuk juga mencintai Mak Lampir, tapi ia Mak Lampir tak mengetahuinya. Selama Mak Lampir dibuang ia terus mencari dan mencari, tapi tak pernah ketemu. Sampai akhirnya Mak Lampir dan Datuk dipertemukan dalam sebuah pertempuran, yang berakhir dengan tewasnya si Datuk. Disaat itu Mak Lampir baru mengetahu tentang cinta Datuk untuknya. Ia-pun menyesal dengan teramat dalam. Dengan kesaktian yang dimilikinya, ia mengikat jiwa datuk ke bumi dengan konsekuensi tubuh dan wajah cantiknya berubah menjadi buruk dan menyeramkan. Dengan harapan hingga saatnya nanti sang datuk yang mengira berhadapan dengan mahkluk jahat dan buruk rupa dapat menyadari jika ialah sang putri dan menerima kembali cintanya dengan tulus. tetapi Tuhan berkehendak Lain, setelah Datuk hidup kembali bukan cinta yang didapati Lampir, Datuk berpendapat bahwa Lampir adalah Setan dan penebar teror kepada masyarakat. itulah mula peperangan Gaib terjadi antara hitam dan putih. Cukup menyentuh bukan? Pengorbanan yang besar dibalas dengan tidak sepantasnya.

 

gw aja yang awalnya ngeri ama mak lampir, sekarang jadi simpati ama doi, kesian kan??

lesson from the story: everyone has their own problem, so don’t judge someone by their looks. you don’t know their stories!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s