日本語

Belajar B. Jepang Mulai Dari Mana?

Assalamualaikum!

Halo mantemaaaaannn.

Seperti yang saya selalu utarakan, maaf ya nguploadnya gak rutin hahaha.

InsyaAllah mau nulis series belajar B. Jepang. Yang standar aja dari awal gak buat JLPT. Diusahakan upload tiap minggu, tapi entahlah. Namanya juga saya suka omdo hahaha.

Oke, saya rasa banyak yang mau belajar B. Jepang tapi bingung dari mana, atau bingung pake buku apa.

Nah, berikut step by step untuk belajar B. Jepang bagi pemula, berdasarkan pengalaman pribadi.

Hafalkan Hiragana dan Katakana

Ada banyak buku pembelajaran B. Jepang yang menggunakan romaji (alfabet). Kalau kamu memang hanya ingin bisa percakapan dalam B. Jepang sih mungkin bisa. Tapi menurut saya kalau belajar B. Jepang pake romaji tuh gak totalitas, setengah-setengah dan banyak meaning yang hilang tanpa adanya kanji.

Nah untuk buku yang dipake, saya rasa sekarang pilihannya sudah ada banyak. Cuma, pas saya pakai dulu itu keluarannya Gakushudo. Bukunya cukup mudah digunakan karena disediakan juga space untuk latihan dan hurufnya diilustrasikan dengan gambar sehingga memudahkan kita untuk menghafal.

Gakushudo HK
Credit: http://www.gakushudo.com/#/book_gallery

Kalau mau cari cari di internet juga banyak kayaknya. Intinya, hafalkan hiragana dan katakana! Oh ya, untuk menghafal usahakan untuk selalu menggunakan tangan ya. Jangan pake komputer atau hp yang diketik. Ada riset yang membuktikan bahwa dengan menulis tangan sesuatu atau membaca tulisan tangan sendiri, akan memudahkan otak untuk menghafal.

Paling asik sih belajarnya sambil nonton anime. Untuk teman-teman yang bisa pake VPN Jepang, bisa langganan Netfl*x. Mereka punya subtitle B. Jepang untuk hampir semua anime. Subtitle-nya campur hiragana, katakana, kanji. Untuk kanji yang sulit ada juga furigana-nya.

Belajar Kanji pelan-pelan, plus bunpo/grammar (文法), plus tango/vocab (単語)

Nah, setelah hafal hiragana dan katakana mulai deh pelan-pelan belajar kanji. Biasanya sih kanji pertama yang dipelajari itu 山、口、田 atau  kanji yang dipakai di nama-nama hari. Untuk buku sendiri, bebas sih mau pake yang mana. Cuma kalau saya dulu pakehya みんなの日本語 初級 I dan II (Minna no Nihongo). Ini buku legend sekali hahaha. Hampir semua instituti pakai buku ini. Selain itu, buku ini juga ada versi terjemahannya. Jadi, walaupun belajar mandiri tanpa guru insyaAllah aman. Nah buat adik-adik yang masih sekolah, biasanya ada di perpustakaan buku ini. Oh ya, versi terjemahan sama B. Jepang harus dipakai bersamaan ya. Tidak bisa cuma punya salah satunya saja. Untuk versi B. Jepang bisa dibeli di Kinokuni*a juga ato via jastip aja haha.

This slideshow requires JavaScript.

Oh ya, berhubung saya gak pake Minna no Nihongo I jadi gak ada fotonya di slideshow di atas.

Lanjut ke 中級 (Intermediate Level)

Kalau buku Minna no Nihongo nya sudah selesai, dan kalian paham semua materinya, kurang lebih kalian sudah siap kalau mau ambil ujian JLPT N4. Tinggal dilanjut ke jenjang selanjutnya. Buku sejuta umat berikutnya adalah 中級から学ぶ日本語 (belajar B. Jepang dari level menengah). InsyaAllah buku ini akan saya kupas lebih lanjut, karena Alhamdulillah saya masih ada bahan yang diberikan dari sekolah bahasa dulu. Saya sangat suka buku ini karena mudah dipakai, topiknya menarik dan bacaannya masih tergolong ringan.

Nah, karena buku ini gak umum-umum amat, saya rasa gak akan ada di perpus sekolahan. Kalau di perpus kampus yang ada jurusan B. Jepangnya, mungkin ada.

Memasuki dunia nyata B. Jepang, level transisi

Apabila buku 中級から学ぶ日本語 sudah selesai dipelajari, semua bunpo, tango, sudah mengerti, kamu bisa menyiapkan diri ambil JLPT N3. Selanjutnya, memasuki realita hahaha. Nama bukunya 中級から上級への日本語 (B. Jepang untuk level transisi dari intermediate ke advance). Dulu saya suka bilang ini buku laknat hahaha. Topik bahasannya sudah cukup berat, karena kebanyakan diambil dari artikel koran, dsb. Tapi, enaknya buku ini ada booklet pendamping yang ditulis dengan B. Inggris. Buku ini juga ada CD-nya. Jadi cukup praktis untuk pengguna tanpa guru.

Oh ya, ini buku dari sekolah B. Jepang yang terakhir saya terima. Jadi, setelah dari sini pake buku apa ya… tolong cari sendiri jawabannya hahaha.

Gak cuma B. Jepang sehari-hari, pelajari juga B. Jepang bisnis

Yang punya cita-cita untuk bekerja di Jepang atau sudah di Jepang dan ingin part-time harus menguasai minimal dasar dasarnya. Layaknya B. Jawa, B. Jepang ada tingkatannya juga. Nah itu sangat penting, karena pasti terpakai saat kerja. Buku yang saya pakai selama sekolah ada di bawah ini:

Bukunya cukup asik, ada CDnya juga. Aplikasinya praktis dan applicable langsung.

InsyaAllah seri berikutnya akan saya update minggu depan.

Daaaaaa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: