Bahasa Indonesia BI Solat

Ayo Belajar Memasak Makanan khas Jepang yang Halal!

*This post is available in English, please click here to read the English version*

Apakah anda suka memasak? apakah anda suka masakan Jepang? Apakah anda pernah bermimpi untuk belajar masak masakan Jepang yang halal, dan langsung diajari oleh orang Jepang asli?

Apabila anda menjawa IYA pada pertanyaan-pertanyaan diatas, maka anda harus ikut kelas memasak yang diselenggarakan oleh Machiko sensei! Machiko sensei telah mendedikasikan waktunya untuk belajar tentang makanan halal, jadi anda tidak perlu khawatir. Machiko sensei mengajarkan cara memasak masakan Jepang yang halal, kelasnya dibernama Washoku Home Cooking. Anda dapat belajar dari 0! Jadi, apabila anda tidak punya kemampuan memasak sama sekali, jangan khawatir karena Machiko sensei akan dengan sabar mengajarkan anda 😀 

 Saya sendiri sudah mengambil 2 kelas memasak dari Wahoku Home Cooking. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa klik disini untu membuka website resminya. Washoku Home Cooking sudah mendapatkan sertifikat halal loh dari Japan Halal Association! Selain itu di Washoku Home Cooking juga disediakan musholla, ditambah lagi Machiko Sensei yang bisa berbicara dalam Bahasa Inggris. Jadi, gak perlu khawatir kan? Hihihi

Kelas pertama saya adalah cara membuat Okonomiyaki dan Takoyaki Halal. Kedua makanan ini merupakan makanan yang sangat terkenal dan dapat ditemuka dimana saja di Osaka. Tapi, umumnya yang dijual dimana-mana itu tidak halal. Jadi, jauh lebih baik untuk membuatnya sendiri! *lebih hemat pula haha*
Pertama-tama Machiko Sensei mengajarkan kami cara membuat kaldu ikan, dashi. Dashi merupakan dasar dari masakan Jepang, hampir semua masakan Jepang menggunakan dashi. Untuk membuat dashi diperlukan konbu dan katsuobushi. Saya tidak tahu bahasa Indonesianya Konbu, tetapi dalam bahasa Inggris biasa diartikan Kelp. Katsuobushi merupakan ikan asap. Baik konbu dan katsuobushi dapat dibeli di supermarket, akan tetapi Machiko sensei mengajarkan cara membuat katsuobushi! Saya dan teman saya dipersilahkan untuk mencoba membuat katsuobushi, pengalaman yang langka. Karena muda-mudi Jepang pun belum tentu memiliki pengalaman ini hahaha. 

img_5331
The Katsuobushi maker, ready to use katsuobushi, konbu (kelp), and prepared dashi.
Menu pertama yang kami buat adalah Okonomiyaki

img_5338
I’M HUNGRYYYY!!
img_5339
My okonomiyaki, YEAY!
img_5340

 

img_5342
Pardon my face tho haha
Setelahnya kami juga membuat Takoyaki, tetapi karena saya terlalu antusias pada waktu itu, saya jadi lupa mengambil fotonya haha. Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk membuat takoyaki.  
img_5333

Kelas kedua yang saya ikuti bernama Ichijusansai.  Kali ini saya belajar bersama 2 orang Jepang lainnya. Loh kok ada orang Jepang juga? Umumnya Machiko sensei mengajar orang asing, hanya saja kali ini kedua orang Jepang ini tidak hanya ingin belajar masak, tetapi ingin belajar tentang teknik pelayanan pelanggan (hospitality) dari Machiko Sensei.

img_5396-1

Setelahnya kami belajar masak, dengan cara mempraktekkannya langsung hihi. 

img_5393

YEAY SELESAI!! Cantik kaaann hihi. 

img_5397-1

Setelah selesai memasak, kami makan bersama. Pengalaman yang sangat menyenangkan!

Jadi, jika anda tertarik untuk belajar cara memasak masakan Jepang yang Halal, jangan ragu-ragu untuk mengontak Machiko sensei! Anda bisa langsung membuka website-nya disini, atau bisa juga dengan meng-add akun Facebook Machiko sensei disini.

Sampai jumpa lagi! 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s