Bahasa Indonesia BI Jalan

Terbang dengan Maskapai Cathay Pacific (Bahasa Indonesia)

*This post is available in English, please click here to read the English version*

Halo! Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman pertama kali saya terbang dengan maskapai Cathay Pacific.

Sekitar bulan Februari lalu, saya merencanakan untuk pulang ke Indonesia dalam rangka liburan musim panas. Pada kisaran bulan Februari, saya mulai mencari tiket murah untuk pulang ke Indonesia di bulan Agustus. Niat? Ya ialah! Orang kangen berat sama Indonesia hahaha.

Apabila kita tidak membandingkan dengan LCC (AirAsia/Tiger/dll), bisa dibilang maskapai Cathay Pacific menawakan harga paling murah di kelas Full Service Carrier. Anda bisa mendapatkan harga murah apabila anda membeli tiket PP, jika anda membeli tiket 1 arah (pulang/perginya saja) harganya bisa jauh berkali-kali-kali-kali-kali lipat!

Pada awalnya saya tidak merencanakan untuk singgah di Hong Kong, tetapi berhubung maskapai ini memang maskapai asal Hong Kong, ya mau tidak mau saya harus transit di Hong Kong. Oleh karena itu, saya putuskan untuk singgah di Hong Kong selama 3 hari. Berikut jadwal perjalanan saya:

KIX-HGK 3/08/17
HGK-CGK 5/08/17
CGK-KIX (via Hong Kong) 19/08/17

Total semua ada 3 tiket, dan harga total semua tiketnya adalah 60.000¥! Murah kaaann hahaha. Awalnya saya kaget, tapi karena murah ya saya seneng-seneng aja 😀

Berhubung saya gak punya kartu kredit, saya beli tiket langsung di kantor Cathay Pacific di Kansai Airport (KIX). Pada saat membeli tiket, saya juga memesan agar makanan selama di pesawat merupakan menu Halal. Yup, maskapai ini menyediakan menu halal!

Umumnya maskapai di Indonesia menyediakan makanan Halal, tapi perlu diingat itu tidak berlaku untuk maskapai Luar Negeri. Oleh karena itu, apabila rekan-rekan ada perjalanan dengan menggunakan maskapai LN, hendaklah memesan makan Halal sejak awal. Umumnya pihak maskapai akan menyediakannya sebagai service, sehingga tidak ada biaya tambahan.

Dari pengalaman saya, untuk di Bandara Kansai (KIX), dari tempat check-in Cathay Pacific ke boarding gate perlu menggunakan kereta. Jadi saran saya, apabila anda menggunakan Cathay Pacific, agar tidak mepet-mepet dari waktu check-in ke boarding gate.

Dari Osaka ke Hong Kong menghabiskan waktu 4 jam perjalanan di pesawat. Tapi anda tak perlu khawatir! Karena ini maskapai Full Service Carrier, disedikan juga hiburan dalam pesawat, jadi anda tidak akan bosan.

Jadi, apabila anda mencari tiket pesawat (full service carrier), saya sarankan anda untuk terbang dengan Cathay Pacific! Berikut saya rangkum plus/minus dari maskapai ini.

Kelebihan/Plus:

  1. Full service (Harga termasuk makanan, bagasi, dan hiburan selama perjalanan)
  2. Jatah bagasi 30kg
  3. Tersedia menu halal

Kekurangan/Minus:

  1. Dari semua flight saya, saya harus menunggu bagasi cukup lama.

 

Oke! Berikut merupakan foto dan video menu halal yang saya dapatkan selama perjalanan!

img_8164

 

Dari pengalaman saya, semua menu halal tidak mendapatkan makanan penutup (dessert) huhu.

InsyaAllah saya akan berbagi tips mendapatkan harga murah tiket pesawat maskapai lainnya, (hint: maskapai kebanggaan rakyat Indonesia) haha

Terima kasih sudah membaca sampai akhir 🙂 Sampai jumpa di kesempatan berikutnya :*

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s