Event in Japan JAPAN Review

Tes TOEIC L&R di Jepang

*This post is available in English, please click here to read the English version*

Assalamualaikum, halo!

Kali ini saya ingin menuliskan terkait pengalaman saya mengikuti tes TOEIC L&R di Osaka, Jepang.

Dari yang saya pahami, di Jepang nilai TOEIC lebih umum dipakai ketimbang TOEFL atau IELTS. Jadi, untuk teman-teman yang berniat mencari kerja atau melanjutkan studi di Jepang, saya sarankan untuk mengambil tes TOEIC ini.

Tes TOEIC yang saya ikuti, TOEIC L&R merupakan singkatan dari Listening and Reading. Jadi, tes yang saya ikuti hanya terdiri atas 2 seksi. Selain L&R, TOEIC juga memiliki ragam tes lainnya seperti tes Speaking and Writing dan juga tes Bridge. Di Jepang, teman-teman bisa daftar tes lewat internet. Klik disini untuk membuka website pendaftaran tes TOEIC. Karena yang mengikuti tes ini umumnya orang Jepang, maka seluruh instruksi dari mulai pendaftaran sampai pada saat tes berlangsung disampaikan dalam Bahasa Jepang.

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumya, informasi dasar seputar TOEIC disediakan pula dalam Bahasa Inggris, tetapi begitu menekan tombol untuk mendaftar, maka seluruh instruksinya diberikan dalam Bahasa Jepang, oleh karena itu pada artikel ini saya mencoba membantu teman-teman yang ingin mengambil tes TOEIC di Jepang. Semoga bermanfaat 🙂

Pertama, buatlah akun di website pendaftaran. Berikut saya lampirkan tampilang websitenya.

1
Tentukanlah kapan anda ingin mengikuti tes TOEIC ini.
2
Sampai proses ini informasi masih disampaikan dalam Bahasa Inggris
3
Dan.. dimulailah instruksi dalam Bahasa Jepang
4
Ketentuan umum, apabila anda berniat untuk membacanya, bias pakai google translate haha

Mulai dari sini, anda akan diminta untuk mengisikan data diri.

5

Seperti orang Indonesia pada umumnya, saya juga tidak memiliki Nama Belakang, oleh karena itu saya menyesuaikan dengan nama di Passport. Saya membagi 3 suku kata nama saya menjadi Nama depan, tengah, dan belakang. Jika anda ingin mengikuti cara saya silahkan saja, tetapi saya tidak bertanggung jawab jika ada masalah dikemudian hari ya hahaha. Saat mengisikan kolom nama, tidak boleh ada spasi. Ini berdasarkan pengalaman saya, ketika ada spasi data tidak bias diinput.A6

Apabila anda lupa alamat tempat tinggal, lebih baik langsung cek Residence Card. Alamat sangat penting karena kartu ujian dan juga sertifikat hasil ujian akan dikirim via pos.

7
Masukkan password, minimal 8 digit.
8
Klik pada kolom warna biru jika anda berminat untuk menerima informasi terkait tes TOEIC
9
Ini merupakan langkah terakhir dalam membuat akun

Setelah selesai membuat akun, saatnya untuk mendaftar tes!

e1
Klik tombol pada lingkaran merah untuk mendaftar tes
e2
Pilih jenis tes TOEIC yang ingin anda ikuti

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, ada berbagai macam tes TOEIC. Pilihlah sesuai kebutuhan. Sepaham saya yang biasanya diminta sebagai persyaratan kerja atau melanjutkan studi merupakan nilai dari TOEIC L&R.

e3

Perlu diketahui, penulisan tanggal di Jepang diawali dari tahun, bulan, lalu tanggal. Tahun年bulan月tanggal日. Pada gambar diatas, tanggal 10 bulan 9 tahun 2017 merupakan tanggal tes, sedangkan pk 15.00 tanggal 1 bulan 8 tahun 2017 merupakan batas pendaftaran.

19

20
Biaya untuk mengikuti tes ini adalah sebesar 5275¥ (termasuk pajak)

21

22
Pilih di prefektur mana anda ingin mengambil tes.
23
Klik pada kotak biru apabila anda ingin melihat hasil tes secara online

Anda akan tetap mendapatkan sertifikat hasil tes via pos, hanya saja anda akan mendapatkan akses untuk mengetahui hasil tes lebih awal via internet.

24

25
Pilih metode pembayaran yang anda inginkan

Anda tidak perlu memiliki kartu kredit untuk dapat mengikuti tes ini. Anda dapat membayar biaya tes di minimarket terdekat.

26

Setelahnya anda harus memastikan sekali lagi bahwa informasi yang anda masukkan adalah benar adanya.

272829

30.png
Klik pada kotak merah untuk mendapatkan kode pembayaran

Anda bebas untuk memilih minimarket dimana anda akan membayar. Saya memilih untuk membayar di Seven Eleven.

31
Jangan lupa untuk memerhatikan kapan batas akhir pembayaran.

Anda tidak perlu mencetak nota diatas. Anda cukup menyimpannya di HP lalu tunjukkan nota ini pada petugas kasir. Setelahnya tinggal bayar deh~

Nantinya anda akan menerima kartu pos yang berfungsi sebagai kartu tanda ujian. Jangan sampai hilang! Anda harus menempelkan pas foto 3×4 pada kartu ujian, lalu menandatanganinya. Pada kartu ujian tertera jadwal ujian serta lokasi ujian dilaksanakan. Pastikan untuk membawa kartu ujian ketika anda mengikuti tes.

Kartu pos tanda ujian seharusnya diterima maksimal 1 minggu sebelum ujian. Jadi, jika anda belum menerima kartu pos tanda ujian anda harus menghubungi pihak penyelenggara. Jangan khawatir karena mereka memiliki layanan telpon dalam Bahasa Inggris. Teman saya tidak menerima kartu pos tanda ujian dan menghubungi pihak penyelenggara.

Di hari ujian, anda akan mendapatkan pamflet seperti pada gambar dibawah. Tetapi ya semuanya tertulis dalam Bahasa Jepang.img_7937img_7936img_7938img_7939

img_7940
Panduan mengisi lembar jawaban

Karena semuanya tertulis dalam Bahasa Jepang, apabila anda tidak mengerti sebaiknya langsung bertanya ke petugas penjaga ujian.

img_7943

Semoga artikel ini berguna. Sukses untuk teman-teman yang akan mengikuti tes TOEIC! Sampai jumpa di artikel selanjutnya, InsyaAllah 🙂

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s