Bahasa Indonesia BI Makan

5 Supermarket Favorit di Jepang

Halo!

Setelah kemarin saya share tentang tips hidup hemat selama tinggal di Jepang, kali ini saya mau sharing tentang 5 supermarket favorit saya selama di Jepang. Umumnya yang saya tuliskan disini supermarket besar yang punya banyak cabang, jadi InsyaAllah mudah ditemukan. Okay, mari kita mulai!

Gyomu Supermarket (業務スーパー)

 

img_0096
Ini fotonya reverse, lambangnya ijo. 

Ini merupakan supermarket terfavorit saya! Kenapa? Karena banyak makanan halal yang dijual disini! Sepaham saya, Gyomu supa merupakan satu-satunya supermarket besar yang menyuplai ayam halal! Tidak hanya itu, barang-barang yang dijual disini relatif lebih murah ketimbang di supermarket lain. Apabila berbelanja di supermarket ini, nantinya juga akan mendapatkan kantong plastik/kresek bening yang bisa dipakai saat membuang sampah. Berikut saya tuliskan beberapa harga dari barang-barang yang dijual di Gyomu Supa (pengecekan harga pada tanggal 30 September 2017). Semua harga yang saya tulis belum termasuk pajak ya.

  1. Telur isi 10 size M: 148¥
  2. Telur isi 10 size L: 172¥
  3. Air mineral 2L: 49¥
  4. Karage instan halal 1kg: 598¥ (recommended)
  5. Paha atas ayam tanpa tulang halal 2kg: 798¥
  6. Paha ayam (pentungan/atas bawah) halal 1kg: 498¥
  7. Paha atas ayam halal 1kg: 538¥
  8. Bawang putih rajang berlebel halal 1kg: 548¥
  9. Beras Amerika 5kg: 1150¥
  10. Es Krim cup Meiji: 78¥

Menurut saya Gyomu sudah cukup untuk memenuhi kebutuan dasar, tapi, memang menurut saya kekurangannya ada di barang-barang lucu. Seperti koleksi es krim yang kurang lengkap, ataupun tepung pancake yang tidak saya lihat kemarin saat kesana. Bagi anda yang non-muslim, sepaham saya di Gyomu juga tidak menjual makanan siap saji sebagaimana yang biasa ditemukan di supermarket lainnya. Hanya ada sushi yang variant-nya juga terbatas.

This slideshow requires JavaScript.

Mandai Supermarket

img_0041-4

Kenapa Mandai masuk ke urutan nomor 2? Simpel, karena jaraknya yang super dekat dari rumah saya hahaha. Mandai hanya berjarak sekitar 160 meter dari tempat saya tinggal. Mandai dekat rumah saya buka dari jam 9 pagi sampai 11 malam. Sepaham saya tiap-tiap cabang memiliki jam operasi yang berbeda, umunya yang berbeda hanya jam tutup tokonya saja. Bagi saya kelebihan utama Mandai adalah, mereka menjual Nutella. Sering mengadakan diskon pada produk-produk tertentu, sehingga harga barang tersebut lebih murah daripada di Gyomu. Mungkin mereka punya katalog atau semacamnya, tapi berhubung saya tidak tahu menahu mengenai jadwal promonya, jadi ya untung-untungan saja. Seperti kemarin, saya membeli susu favorit saya seharga 180an¥, umumnya dijual 200an¥. Disini juga banyak pilihan sashimi. Bagi rekan-rekan non-muslim, disini juga menjual banyak sekali makanan siap saji. Untuk perbandingan harga dan rasa saya kurang paham haha. Berikut saya tuliskan beberapa harga dari barang-barang yang dijual di Mandai Supermarket (pengecekan harga pada tanggal 30 September 2017). Semua harga yang saya tulis belum termasuk pajak ya.

  1. Telur isi 10 size M: 208¥
  2. Telur isi 10 size L: 218¥
  3. Nutella: 358¥

Barang-barang di Mandai memang lebih mahal ketimbang Gyomu, tapi bisa jadi lebih murah ketika promo. Makanya saya kesini hanya saat ingin beli sashimi/Nutella. Oh ya, di Mandai juga kantong kreseknya bening loh.

This slideshow requires JavaScript.

San Ei Supermarket (サンエー)

img_0043-4

Mungkin supermarket ini agak asing ditelinga, karena saya juga belum lihat cabang lain selain yang ada di dekat rumah saya. San-Ei saya favoritkan karena lokasinya yang berada dibawah Daiso. Jadi, kalau saya sedang ada perlu di Daiso saya bisa sekalian mampir hahaha. Yang biasa saya beli disini adalah tisu roll untuk toilet. Kenapa disini? Karena saya belum nemu yang mereknya sama ditempat lain haha. Tisu roll yang biasa saya beli merupakan 100% hasil daur ulang, jadi ada rasa kontribusi untuk alam hahaha. Selain itu disini juga menjual telur dengan harga yang sangat murah menurut saya, hanya saja memang ukuran telurnya tidak seragam(katanya sih, tapi pas saya pindahin ke kulkas sama-sama aja perasaan haha). San-Ei juga memiliki koleksi es krim Hagen Dazs yang super komplit! Dengan harga yang relatif lebih murah dari tempat lain. Berikut saya tuliskan beberapa harga dari barang-barang yang dijual di San-Ei Supermarket (pengecekan harga pada tanggal 30 September 2017). Semua harga yang saya tulis belum termasuk pajak ya.

  1. Telur isi 10 mix size: 118¥
  2. Hagen Dazs Cup: 198¥
  3. Es krim cup Meiji: 88¥
  4. Tisu roll isi 12 x 27.5m: 298¥

Barusan saya cek di Google Maps ternyata ada cabangnya di beberapa tempat. San-Ei juga memberikan kantong plastik/kresek bening untuk pembelinya. San-Ei menjual barang-barang tertentu lebih murah dari tempat lain.

This slideshow requires JavaScript.

LIFE Supermarket (ライフスーパー)

Bisa dibilang supermarket ini merupakan supermarket menengah keatas, mengingat barang-barang yang dijual relatif lebih mahal hahaha. Bagi rekan-rekan non-muslim bisa dibilang supermarket ini surganya makanan siap saji. Setiap saya mampir keisini saya harus menjaga iman haha. Karena makanan yang disajikan buanyak dan terlihat enak-enak. Saya biasa kesini saat pulang kerja karena lokasinya yang searah dengan jalan dari pabrik ke rumah haha. Jam tutup supermarket ini berbeda tergantung lokasi. Bisa dibilang jumlah cabangnya cukup banyak dan menyebar dimana-mana. Berikut saya tuliskan beberapa harga dari barang-barang yang dijual di Life Supermarket (pengecekan harga pada tanggal 30 September 2017). Semua harga yang saya tulis belum termasuk pajak ya.

  1. Telur isi 6 size M: 148¥
  2. Telur isi 6 size L: 158¥
  3. Hagen Dazs Cup: 199¥
  4. Es krim Cup Meiji: 89¥

Kelebihan supermarket ini ada di Brand eksklusifnya. Supermarket ini memiliki brand sendiri, yang tentunya produk tersebut tidak dijual ditempat lain. Saya biasa membeli cuka dan chikuwa merek Life, karena sepaham saya itu yang Halal. Anda akan mendapat potongan harga apabila anda tidak menggunakan kantong plastik. Mereka akan memberikan kantong plastik putih (tidak bening).

This slideshow requires JavaScript.

Tamade Supermarket (スーパー玉出)

Ini merupakan supermarket terfavorit saya, dulu. Kenapa? Karena mereka tidak ada cabang di dekat rumah saya haha. Terlepas dari makanan halal, Tamade menjual barang-barangnya dengan harga yang (sangat) murah. Bahkan, karena sangking murahnya, ada teman saya yang orang Jepang yang tidak mau berbelanja disini dengan alasan “takut karena terlalu murah”. Tidak hanya harganya yang murah, supermarket ini buka 24 jam. YA, 24 JAM NON-STOP 24/7/365! Saya mohon maaf karena tidak bisa memberikan list harga, karena lokasinya yang jauh dari tempat saya tinggal haha. Kekurangannya adalah, supermarket ini akan memberikan anda kantong plastik berwarna putih (bukan bening). Selain itu, saya sangat tidak menyarankan untuk datang kesini tengah malam, meskpun mereka buka 24 jam. Pada dasarnya kemana-mana tengah malam itu tidak baik, hanya saja menurut pengalaman saya, yang biasanya ke supermarket ini malam-malam adalalah aki-aki mabuk yang mau membeli sake.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s